Rabu, 13 Oktober 2010

COKLAT, ENAK DIMAKAN DAN PERLU

TEMPO Interaktif ,
Ternyata apabila kita mengunyah cokelat dengan berat 6,7 gram sehari maka kesehatan jantung kita terjaga. Percaya atau tidak, hal ini disampaikan dalam penelitian dari proyek Moli-sani, tempat penelitian kesehatan terbesar di Eropa. Setidaknya sepotong kecil cokelat bisa melindungi jantung dari penyumbatan dan penyakit jantung turunan lainnya.

Peneliti menemukan hubungan antara cokelat yang mengandung kadar protein dalam darah 4.849 terbukti membebaskan berbagai faktor resiko kardiovaskuler, seperti kolesterol tinggi, tekanan darah dan parameter lainnya. Penemuan lebih detil ini telah dilansir di Jurnal Nutrisi.

“Efek terbaiknya mengkonsumsi 6.7 gram cokelat per hari. Setidaknya menyimpan kotak kecil coklat dua tiga kali seminggu. Di luar itu efek yang menguntungkan itu hilang,” ujar Romina di Giuseppe, pemimpin penelitian ini.

Giuseppe menambahkan, penelitian dimulai dari hipotesa bahwa tingginya kadar antioksidan di dalam cokelat --dalam partikel flavonoids dan jenis lain seperti polyphenols--, akan memberi efek yang menguntungkan dalam kesehatan. “Hasilnya benar-benar menggugah,” ujar Giuseppe.

Dalam penelitian sebelumnya ditemukan bahwa cokelat berpengaruh bagus untuk tubuh, meskipun biasanya dokter menyarankan bahwa lebih penting fokus pada diet ketika berbicara kesehatan. Penelitian lain menemukan bahwa diet dan berolahraga dapat mendongkrak kesehatan. Sederhananya, tidak ada satu perubahan yang menjamin hidup panjang.

“Kami menganggap hasil ini menjadi data awal yang luas di mana akan memberikan pandangan yang inovatif, bagaimana meningkatkan kualitas hidup kita dari penyakit kardiovaskuler dan tumor,” ujar Licia Lacoviello, kepala laboratotium genetik di Universitas Katolik Campobasso dan bertanggungjawab untuk proyek Moli-sani.

ARTIKEL TERKAIT



Tidak ada komentar:

Posting Komentar