Rabu, 21 Juli 2010

MANFAAT MINYAK ZAITUN

Volume V/2006
Minyak zaitun adalah minyak yang sangat legendaris. Pemakaian minyak ini sudah dimulai sekitar 3000 tahun yang silam. Tanaman zaitun banyak tumbuh di kawasan Mediterania, Asia tengah dan beberapa kawasan Afrika. Awalnya zaitun dikembangkan di pulau Kreta (2500 SM) dan Suriah. Lantas menyebar ke Yunani, Itali dan kawasan Mediterania lainnya. Sekarang negara penghasil zaitun terbesar adalah Spanyol. Diikuti oleh Itali, Yunani, Turki dan Afrika Utara.

Minyak zaitun dipanen dengan cara mengguncang pohon agar buahnya jatuh. Lantas ditumbuk dengan menggunakan lumpang kayu atau batu atau digencet dengan alat pres. Bisa juga dengan cara modern yaitu dengan didekaptasi, sentrifugasi dan filtrasi. Minyak zaitun kualitas terbaik didapat dengan metode cold-pressed, tanpa proses kimia. Hanya dengan proses tekanan, sehingga menghasilkan minyak yang alami dengan keasaman rendah.Dalam Islam dikenal pengobatan dengan menggunakan minyak Zaitun ini. Rasulullah bersabda,”Konsumsilah minyak zaitun dan berminyaklah dengannya. Karena minyak zaitun dibuat dari pohon yang penuh berkah.” (Hr. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)
KHASIAT MINYAK ZAITUN SECARA MEDIS:

Minyak zaitun mempunyai asam lemak tak jenuh tunggal (77 %), yakni asam oleat. Asam oleat punya kemampuan mereduksi serum LDL (Low Density Lipoprotein) yang dikenal dengan kolesterol jahat, sehingga akan menghindarkan terjadinya aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah oleh kolesterol)

Tokoferol-a alias vitamin E adalah menjadi komponen yang sangat penting, karena Tokoferol-a mendominasi (90 %). Tokoferol-a adalah antioksidan yang bisa melawan radikal bebas penyebab kanker dan penuaan. Perbandingan kandungan vitamin E dengan asam lemak tak jenuh ganda yang dimiliki minyak zaitun dianggap paling baik diantara minyak nabati lain. Minyak zaitun sama sekali tidak mengandung kolesterol ( 0 %), maka sangat bagus untuk diet dan menghindarkan resiko penyakit jantung. Makanan yang dicampur dengan minyak zaitun adalah menu diet yang sangat bagus. Selain itu, dalam minyak zaitun ditemukan juga jenis vitamin B, C, D dan K.

Minyak zaitun berfungsi sebagai pengusir pusing layaknya aspirin dan ibuprofen. Selain itu juga bisa digunakan untuk menghindari dan pengobatan diabetes, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ibu hamil dan menyusui juga bagus mengkonsumsinya untuk melengkapi gizi.

Kajian yang dilakukan harvard School of Public Health, membuktikan bahwa mengkonsumsi minyak zaitun lebih dari sekali sehari akan mengurangi resiko serangan kanker payudara sampai 25 %. Penelitian lain di Spanyol juga memperkuat bukti bahwa minyak zaitun berkhasiat melawan kanker.

Untuk pertama kali dalam sejarah, pada 21 April 1997, diadakan pertemuan di Roma yang dihadiri 16 pakar medis paling terkenal di dunia. Mereka mengupas,
mengkaji dan mengeluarkan satu keputusan penting tentang minyak zaitun. Dalam siaran persnya, mereka menegaskan bahwa minyak zaitun dapat melindungi dari serangan penyakit arteriole (saluran darah kecil di liver dan menghambat naiknya kolesterol darah), tekanan darah dan diabetes, sebagaimana melindungi tubuh dari serangan sebagian penyakit kanker.

Hasil penelitian tersebut mengungkapkan kebenaran apa yang dikatakan Rasullulah bahwa zaitun adalah si buah berkat. Dr Aldo Ferara dari Universitas Napoli di Italia menulis laporannya di Archives of Internal Medicine edisi Maret 2000. Sebanyak 23 pasiennya yang semula tergantung pada obat-obat penurun tekanan darah tinggi, akhirnya meninggalkan obat resep dokter tersebut setelah mencoba terapi dengan menggunakan minyak zaitun. Tekanan darah mereka bisa turun hingga 7 digit.

Para pakar gizi menyatakan pentingnya mengkonsumsi banyak makanan kaya antioksidan, yaitu substansi yang membersihkan radikal bebas dari tubuh. Anti oksidan yang banyak terkandung dalam minyak akan mengikat molekul-molekul radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh dan membuat kita mudah terserang kanker, tumor, dan penyakit lainnya.

Hiroshi Maeda, seorang pakar ilmu biokimia bersama timnya dari fakultas kedokteran Kumamoto Jepang telah melakukan penelitian mengenai kandungan antioksidan dalam minyak goreng. Maeda menemukan bahwa minyak yang belum diproses (diolah) berpotensi membersihkan tubuh dari radikal bebas yang dihasilkan oleh peroksil radikal. Dari semua jenis minyak murni yang diteliti, minyak zaitun murni adalah yang paling efektif.

KHASIAT MINYAK ZAITUN SECARA NON MEDIS:

Selain dipakai untuk kesehatan, minyak zaitun juga dipakai untuk kepentingan perawatan kecantikan. Salah satunya adalah untuk memperindah rambut dan melenyapkan ketombe. Caranya sangat mudah yaitu dengan mencampurkan minyak zaitun kedalam sampo yang akan dipakai untuk keramas.

Juga bisa dipakai untuk pelembab kulit kering, yaitu dengan mencampur minyak zaitun (3 sendok) dengan jus alpukat (1bh). Usapkan ke wajah dan kulit, diamkan selama 15 menit sebelum dibilas, niscaya kulit yang kering bakalan lebih lembab.

Untuk menghindari penuaan kulit dan keriput adalah dengan mencampur minyak zaitun dengan jus jeruk segar. Pijatlah bagian yang kendur dan keriput sebelum tidur, kulitpun akan terasa lebih kencang.

Selain itu bagi para ibu yang sedang hamil ternyata minyak zaitun inipun dapat dipakai untuk mengoles bagian perut yang terkadang gatal dan mengurangi guratan di seputar perut bila rajin menggunakannya, insya Allah. Para pakar kecantikan modern menggunakan minyak zaitun dalam pembuatan krem kecantikan mereka untuk menghilangkan guratan setelah melahirkan.

Untuk wanita yang senang luluran maka minyak zaitun inipun dapat digunakan untuk luluran sebelum mandi, insya Allah bila rutin di gunakan maka kulit akan tampak lebih halus dan segar

Ia bermanfaat untuk membebaskan racun dan mengeluarkan cacing.semua jenis minyak ini menghaluskan kulit dan menghambat tumbuhnya uban. air zaitun yang asin baik untuk bekas luka karena kebakaran dan menguatkan gusi.Sedangkan daun zaitun digunakan untuk mengobati luka, gatal-gatal dan mencegah keringat.

Penggunaan minyak zaitun biasanya dicampurkan ke dalam makanan yang hendak disajikan. Atau di bubuhkan sesaat setelah masakan matang. Apabila dipakai pada saat pemanasan tinggi maka khasiatnya akan berkurang. minum 2 X 1 sdm / sehari. malam Sebelum tidur dan pagi ketika bangun tidur.

KUALITAS MINYAK ZAITUN DAPAT DIBEDAKAN BERDASARKAN KEMURNIANNYA:
1. Extra Virgin Olive Oil: adalah minyak yang didapat dari ekstrak pertama buah zaitun. Rasa dan aromanya bagus. Harganyapun paling mahal. Tingkat keasamannya kurang dari 1 %.

2. Virgin Olive Oil: adalah minyak zaitun hasil ekstraksi kedua, dengan level keasaman lebih tinggi yaitu 1 – 3 %.

3. Fino Olive Oil: adalah campuran ekstra virgin dan virgin. Tujuan pencampuran ini adalah supaya memberi aroma dan rasa yang lebih pada minyak virgin
4. Olive Oil: disebut juga dengan Pure Olive Oil.

5. Light & Ekstra light Olive Oil: minyak zaitun ini adalah merupakan pemurnian dari hasil ekstraksi yang kurang bagus. Disebut light karena aroma dan warnanya “ tak sekeras” minyak zaitun murni. Paling banyak ditemukan di pasaran dan harganya relatif murah. Tingkat keasamannya lebih dari 3 %.

PERSENTASE BERBAGAI JENIS LEMAK MINYAK BUAH:

JENIS MINYAK LEMAK JENUH(%)LEMAK TAK JENUH GANDA(%)LEMAK TAK JENUH TUNGGAL(%)
Minyak Zaitun 14 9 77
Minyak Kelapa 49 9 37
Minyak Canola 6 32 62
Minyak Bunga Matahari:11 69 20
Minyak Jagung 13 62 25
Minyak Kedelai 15 61 24
Minyak Kacang 18 33 49
Mentega 66 4 30
Margarin Dari Minyak Nabati:17 34 49

BERBAGAI ISTILAH MINYAK:
1. Lemak Jenuh: ini adalah jenis lemak yang paling tidak disarankan pemakaiannya oleh Dokter. Mengapa? Pasalnya dari riset menunjukkan bahwa diet tinggi lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol darah dan dapat menyebabkan timbunan lemak dalam pembuluh darah nadi.

2. Lemak Tak Jenuh Tunggal dan Lemak Tak Jenuh Ganda: Penelitian menunjukkan bahwa kedua lemak ini bisa menurunkan kadar kolesterol darah, asalkan dikonsumsi dalam jumlah sedang. Lemak tak jenuh tunggal telah memperlihatkan kemampuannya mencegah penyakit jantung dengan cara menjaga HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik dalam jumlah yang normal. Semakin tinggi kadar lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat), maka semakin dapat mengurangi kadar kolesterol darah.

dari berbagai sumber

ARTIKEL TERKAIT



Tidak ada komentar:

Posting Komentar