Rabu, 28 Juli 2010

CARA MEMBUAT MADU PALSU

Sebagian dari Pembaca mungkin heran, mengapa hutan tropis sebagai distributor madu mengeluarkan tulisan tentang cara membuat madu. Apakah ini tidak akan menimbulkan kecurigaan dari konsumen kalau sebenarnya madu-madu yang di jual oleh hutan tropis bisa juga di palsukan.

Yang terjadi justru sebaliknya dengan mengetahui cara-cara pembuatan madu palsu serta ciri-cirinya maka akan kecil sekali kemungkinan hutan tropis akan mudah tertipu oleh para penjual madu palsu. sehingga madu yang di pasarkan oleh hutan tropis adalah benar-benar madu asli.

Hutan tropis, ketika mengangkat sebuah perusahaan/kelompok/pribadi sebagai mitra sangatlah hati-hati. hal ini dilakukan tak lain untuk menjaga kepercayaan konsumen dan juga kelangsungan usaha yang di jalankan.

Alhamdulillah, 5 tahun perjalanan hutan tropis dalam memasarkan madu merek MADINAH HERBA dan AMANAH HEALTH, telah berhasil mengantarkan kedua merek ini sebagai merek yang paling di percaya oleh masyarakat sumatera barat. sebab, hampir di seluruh kabupaten dan kota yang ada di sumatera barat kedua merek ini adalah merek yang paling di cari.

mengapa ?
karena kedua merek ini melasanakan seleksi yang ketat terhadap madu yang mereka kemas. seperti:

1. Madu Hutan Al-Madinah dan Amanah 100% berasal dari lebah liar hutan-hutan Riau dengan keaslian dan kualitas terjamin.

2. Madu hutan diyakini oleh sebagian orang lebih berkhasiat dibandingkan dengan madu peliharaan. Hal ini dikarenakan jenis bunga yang beragam (multi flower) sehingga sangat kaya dengan berbagai vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, C, D, E, K, Caroten, urik acide, asam nicotinat, zat besi, sulfur, magnesium, kalsium, kalium, sodium, dll. Dan juga karena lingkungan tempat hidup lebah madu tersebut yang masih perawan, serta belum tercemar oleh polusi dari asap kendaraan bermotor, asap pabrik, zat-zat kimia, pupuk, dll, yang bisa mempengaruhi kualitas madu yang dihasilkan. Dengan kualitas produk yang demikian tinggi, wajar kalau madu hutan sangat dicari dan digemari oleh orang-orang yang perduli akan kesehatannya karena terbukti sangat ampuh menjaga stamina dan mengobati berbagai macam penyakit.

3. Kelebihan madu hutan Al-Madinah dan Amanah adalah ia dipasarkan sebagaimana keadaan pertama kali ia diambil dari sarangnya (unprocessed). Sama sekali tidak mengalami proses penyaringan, penjernihan, pemanasan dan pencampuran. Sebab madu yang telah diproses akan mengalami penurunan khasiat. Dari hasil penelitian diketahui ternyata madu yang sudah diproses khasiatnya akan berkurang 33% - 55%.

4. madu yang unprocessed (tidak diproses) akan memperlancar reaksi kimia dari berbagai metabolisme dalam tubuh. Substansi tambahan yang belum diketahui yang terkandung dalam madu murni, walaupun belum dapat dijelaskan secara ilmiah, akan tetapi mampu memberikan khasiat yang tinggi di dalam tubuh manusia. Dengan demikian madu yang tidak diproses ini bisa dikonsumsi oleh siapa saja. Tua-muda, pria-wanita, besar-kecil, dll

5. Proses pengambilan madu Hutan dari sarangnya selalu diawasi oleh orang-orang kepercayaan dari Madinah Herba dan Amanah Health.

6. Madu hutan yang asli tidak memiliki efek samping karena berasal dari unsur alami.

7. Sejak awal peradaban manusia, pada setiap jaman dan pada setiap generasi, madu telah sangat dikenal sebagai obat yang sangat mujarab dan memiliki khasiat yang banyak. madu telah dijadikan sebagai obat dan bahan kecantikan yang telah mendapat pengakuan dari para ahli medis dan ahli gizi mengenai khasiat dan pemanfaatannya.

8. HUTAN TROPIS bukan hanya menjual produk akan tetapi selalu memberikan informasi-informasi yang akurat dan lengkap dari literatur-literatur ilmiah mengenai seluk beluk produk yang dikeluarkannya, sehingga konsumen menjadi tahu tentang manfaat dan khasiat dari produk-produk yang di jualnya.

-------------------------------------------------------------------------------

Madu adalah nektar atau eksudat gula dari tanaman yang dikumpulkan oleh lebah madu, diolah dan disimpan dalam sarang lebah apus millifera. Komponen utama dari madu adalah fruktosa, sedikit sakarosa, mineral, vitamin dan berbagai enzim. Madu dapat berfungsi sebagai penambah darah, membantu pertumbuhan, obat penyakit pencernaan, konstipasi serta dapat juga sebagai pelembab, lulur kulit dan antibiotik.

Komposisi lengkap madu antara lain air 25%, abu 25% dan 8% sukrosa. Nektar oleh enzim invertase lebah diubah menjadi fruktosa dan glukosa. Fruktosa dan glukosa merupakan penyusun 85%-95% karbohidrat madu. Mineral dalam madu antara lain fosfor, kalium, natrium, Fe, kalsium, sulfur, magnesium, mangan, silika dan tembaga yang biasa disebut total abu. Sedangkan vitamin pada madu adalah tiamin, riboflavin, biotin, asam askorbat, piridoksin, asam pantotenat. Enzim yang terdapat pada madu adalah amilase, glukosa oksidase, katalase, invertase, diastase, peroksidase, fosfatase asam dan proteolitik. Madu asli memutar bidang polarisasi kekiri (levotatory) alias fruktosa>glukosa.

Saat ini banyak sekali kasus pemalsuan madu. Hal tersebut dikarenakan nilai ekonomis madu yang tinggi, Ciri dari madu palsu adalah kadar sukrosa(gula pasir) yang tinggi sehingga sangat berbahaya bagi anak-anak dan penderita diabetes mellitus. Kadar sukrosa dalam madu berbeda dibeberapa negara berbeda-beda. Di Indonesia kadar maksimal sukrosa dalam madu 10%, jerman 5% dan swis 4%.

Berikut beberapa cara memalsukan madu :

1. Glukosa+fruktosa+gula pasir+buah+zat aromatis+zat warna.
2. 29,40% gula pasir+40,8% gula invert+glukosa+fruktosa+0,1 garam mineral+ 29,2% air.
3. Menggunakan campuran sari buah.
4. Madu asli+madu campuran.
5. agar bisa membuat kuning telur jadi matang di campur dengan nenas
6. agar madu kelihatan kental maka di campur dengan bunga raya yang di peras.
7. untuk memberikan rasa manis alami maka airnya dipakai perasan air tebu.
8. Agar korek api bisa nyala pada madu palsu diberi campuran spritus.
9. Agar madu terlihat kental di tambah dengan caramel

Cara pasti mengidentifikasi madu palsu adalah rendahnya kadar enzim diestase bahkan ada yang sampai nol, serta kadar hidroksi metil furfural (HMF)lebih dari 240 mg/kg.

Jadi kesimpulan dari pembahasan ini adalah untuk mengidentifikasi pasti madu palsu adalah menggunakan tes laboratorium. Diharapkan pemerintah beserta jajarannya lebih memperketat peredaran madu palsu ini karena sangat berbahaya bagi kesehatan masyarakat.

sumber: dari berbagai sumber

ARTIKEL TERKAIT



3 komentar:

zedna.elmanafea@gmail.com mengatakan...

Makasih infonya pak.

Anonim mengatakan...

Baru tahu nih infonya, jadi jika kita membeli madu kemasan di sekitar kita, walaupun madu tersebut asli, namun khasiatnya telah berkurang karena proses nya ya?

Mc Norris mengatakan...

Thanks.. sangat membantu..

Posting Komentar