Rabu, 21 Juli 2010

TIPS MENGGUNAKAN PARFUM

By AL-MADINAH FOR PERFUME & COSMETICS

Setiap orang pasti mengenal minyak wangi, karena baunya yang harum dan bisa didapatkan dimana saja. Pilihan setiap orang pada aroma perfume (atau biasa disebut parfum dan minyak wangi) memang bisa bermacam-macam. Kini, kebutuhan pemakai parfum bukan lagi cuma untuk menutupi bau keringat atau aroma pakaian yang lembap. Boleh dibilang, saat sekarang fungsi parfum malah bisa mewakili nama baik, tingkat hidup seseorang, gaya gaul, sampai keseharian di lingkungan rumah sendiri.

Orang yang telah punya kedudukan / status tertentu, kalangan artis atau selebriti, pekerja kelas menengah, remaja, mahasiswa, ibu rumah tangga, umumnya memiliki selera aroma minyak wangi khusus yang berciri spesial.
Kini parfum memang telah meluas kegunaannya. Namun, terpaksa dibedakan jenis dan kelasnya dari aroma pengharum biasa hingga pewangi tubuh yang benar-benar sejati. Sebab, ada minyak wangi yang hanya bisa memberi keharuman sejenak, sementara yang lain bisa tetap setia di tubuh/pakaian hingga saat mandi berikutnya. Di samping itu, minyak wangi bernilai tinggi tidak menyisakan noda buruk di pakaian Anda.

Untuk menjaga kemesraan pasangan suami-istri, alangkah baiknya apabila sehabis mandi sore atau mau tidur pasangan tersebut mengoleskan sedikit minyak wangi yang disukai pasangannya ke tubuh mereka. Hal ini sangat berguna untuk menambah kemesraan antara pasangan tersebut. Alangkah tidak menyenangkannya ketika ingin berdekatan dengan pasangan kita, bisa terganggu hanya karena pasangan tersebut menebarkan aroma yang tidak kita senangi.

Akhirnya, memang, kebutuhan orang terhadap parfum menjadi sama pentingnya dengan kedudukan atau posisi mereka di tengah-tengah masyarakat. Tokoh pengusaha, pemimpin/pejabat politik, selebritis ternama, siswa, mahasiswa, orang kantoran, ibu rumah tangga kini menjadi telaten dan berselera spesifik dalam memilih aroma wewangian.

PEMBAGIAN PARFUM:
Parfum merupakan kombinasi kompleks dari material seperti minyak dari tumbuhan dan produk sintetik yang meningkatkan ke-dayatahanlamaan. Jenis parfum bisa dibedakan atas lima macam:

1.bibit parfum. Bibit Parfum ini pada awalnya memiliki wangi yang keras. Akan tetapi setelah 4 jam akan keluar wangi yang sebenarnya, dan keharumannya bisa bertahan 12 – 36 jam.

2.perfume, 15-40% bibt parfum, selebihnya adalah alcohol.

3.eau de parfum, mengandung 7-15% bibit parfum, selebihnya adalah alcohol.

4.eau de toilette, 1-6% parfum, dipergunakan untuk refresh body splash, jadi bisa dibilang untuk penggunaan sering. karena komposisi campuran alkohol nya lebih banyak dari parfumnya

5.eau de cologne, mirip dengan eau de toilette, tapi ditambah dengan campuran lain.


PEMBAGIAN AROMA WANGI PADA PARFUM ASLI (BIBIT PARFUM)
Pada umumnya wangi pada parfum yang asli terbagi atas tiga bagian, yaitu head (atas), heart (hati / tengah) dan base head (bukan bagian yang sesungguhnya dari parfum). Pada parfum yang asli, bau asli parfum akan bertahan antara 1 dtk sampai 4 menit (head). Setelah itu akan berubah menjadi harum yang sesungguhnya (base head) yang bertahan antara 5 menit sampai 4 jam. Dan akhir dari sebuah wewangian akan bertahan antara 4 jam sampai 3 hari. Pada parfum yang sudah dicampur, baik dengan alkohol maupun dengan sol, maka parfum tersebut tidak memiliki head dan base head, sehingga aroma yang muncul merupakan aroma yang sesungguhnya (heart) yang hanya akan bertahan 5 menit sampai 4 jam.

TIPS MEMILIH DAN MENGGUNAKAN PARFUME
1. jangan mencoba lebih dari tiga parfum ketika memilih parfum, karena hal ini dapat membingungkan indra penciuman.

2. setiap parfum memiliki aroma tersendiri. Jika anda menggunakan parfum lebih dari satu aroma pada saat yang sama. Maka masing-masing aromanya akan hilang dan juga akan merusak aroma khas setiap parfum.

3. Eau de Parfum sebaiknya tidak langsung disemprotkan ke baju karena akan menimbulkan noda dan sulit hilang. Gunakan selalu pada kulit badan. Parfum yang disemprotkan atau digunakan ke badan akan berkembang dan menjadi makin lembut nantinya.

4. Parfum bisa tahan sampai 1 tahun, agar bisa bertahan lama kemasan minyak wangi sebaiknya disimpan ditempat yang sejuk seperti di tempat yang gelap atau lemari pendingin.

5. Bila memakai minyak wangi, usahakan untuk memakai secukupnya agar aromanya tidak berlebihan ataupun kekurangan.

6. Kita sering menyemprotkan minyak wangi pada titik nadi, pakaian, rambut, dan leher. Hal ini terlalu berlebihan. Anda hanya perlu menyemprotkannya sedikit pada tengkuk, di bagian belakang lutut, pada belahan buah dada, bagian belakang pergelangan tangan, di bagian lekukan siku, dan di belakang telinga.

7. Pada situasi tertentu, memakai minyak wangi tidak dapat diterima. Seperti halnya pada kelas olah raga yang mengeluarkan banyak keringat. karena aroma parfum yang dikeluarkan bercampur dengan keringat, maka aroma parfum akan berobah, secara otomatis akan mengganggu orang disekitar.

8. Aroma yang disemprotkan / dioleskan pada secarik kertas merupakan cara yang baik untuk mengetahui aroma yang Anda sukai. Letakkan carikan kertas tersebut di lengan bagian dalam untuk melihat reaksi kulit Anda terhadap aroma minyak wangi tadi dan Anda akan tahu apakah aroma tersebut cocok untuk tubuh. Yang pasti, untuk menguji suatu minyak wangi cocok atau tidak dengan kita, sebaiknya datang ke gerai khusus minyak wangi karena cara yang benar untuk mengetahui apakah kulit Anda cocok dengan minyak wangi tertentu adalah dengan mengoleskan minyak wangi tersebut langsung ke kulit Anda.

9. Agar aroma wangi parfum anda bisa bertahan lama maka ikuti tips berikut: pada waktu mandi gunakan sabun yang beraroma sama dengan parfum Anda. Dengan demikian, aroma tersebut menyebar secara merata ke seluruh tubuh. Sesudah mandi, langsung oleskan pelembap tubuh ke seluruh tubuh dengan pelembap yang beraroma sama dengan minyak wangi. Dengan melakukannya langsung sesudah mandi dapat melembutkan kulit tubuh dan aromanya akan segera menyerap. Yang terakhir, tentu saja, memakai minyak wangi itu sendiri. Semakin sedikit kandungan alkohol dari suatu minyak wangi, semakin lama aroma minyak wangi tersebut dapat bertahan. Tips lain agar wangi dapat bertahan lama adalah dengan menyemprot / mengoleskan meja setrikaan dengan minyak wangi sebelum menyetrika baju. Panas yang dikeluarkan oleh setrikaan akan membantu menyebarkan aroma tersebut ke seluruh pakaian. Atau dapat juga dengan menyemprotkan / menempelkan minyak wangi ke tangan, tepuk beberapa kali, lalu selusupkan jari-jari ke rambut. Rambut Anda akan menyerap aroma minyak wangi tersebut dan merupakan penyebar wangi yang terbaik.

ARTIKEL TERKAIT



1 komentar:

aisoice mengatakan...

Terima kasih infonya gan.
Lumayan buat nambah wawasan.

Gema Parfum
Fungsi lain dari parfum.

----------

Posting Komentar